Sidang Umum HIMA IPA UNY 2012

Bertepatan dengan Hari Ibu pada hari Sabtu, tanggal 22 Desember 2012 lalu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) FMIPA UNY baru saja usai melaksanakan Sidang Umum yang juga merupakan program kerja terakhir dalam satu kepengurusan HIMA IPA.

Sidang Umum HIMA IPA tahun 2012 ini, mengusung tema “Optimalisasi Kinerja melalui Sidang Umum untuk Mewujudkan HIMA IPA yang Lebih Bertanggung Jawab”. Ide kreatif dan ketotalitasan dalam kepanitiaan tak lepas dari kontribusi luar biasa mahasiswa Prodi Pendidikan IPA UNY angkatan 2011 dan 2012 yang sedemikian rupa baiknya mendesain acara demi evaluasi HIMA IPA 2012 di bawah kepemimpinan saudara Chandra Martapura, untuk menwujudkan HIMA IPA yang lebih baik di kepengurusan organisasi tahun mendatang.

Tak seperti setahun yang lalu, Sidang Umum kali ini tidak dihadiri oleh Dr. Suhandoyo,M.Si selaku Wakil Dekan III yang mengayomi segala hal kemahasiswaan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, dikarenakan suatu hal yang tak bisa disebutkan. Bahkan Bapak Sabar Nurohman, M.Pd selaku dosen pembimbing HIMA IPA pun juga berhalangan hadir dikarenakan suatu hal yang mendesak juga. Terlepas dari semua itu, tak menghalangi agenda HIMA IPA yang sudah direncanakan semenjak beberapa bulan yang lalu ini terhenti. Sidang Umum yang sama juga serentak dilaksanakan oleh beberapa ormawa dan UKMF (Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas) di FMIPA UNY. Di antaranya HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika), HIMAFI (Himpunan Mahasiswa Fisika), HIMAKI (Himpunan Mahasiswa Kimia), HIMABIO (Himpunan Mahasiswa Biologi), dan KSI MIST (Kelompok Studi Ilmiah MIPA Scientist).

Acara dilaksanakan di gedung D03.204 FMIPA UNY, dan dimulai sambutan dari ketua panitia Sofyan Dwi Nugroho, dan acara yang akhirnya dibuka oleh Ketua HIMA IPA periode 2012, Chandra Martapura. Sidang dihadiri oleh beberapa pihak terkait, teristimewa untuk mahasiswa Pendidikan IPA UNY. Sidang juga dihadiri saudara Ary Gunawan selaku ketua MPO (Majelis Pertimbangan Organisasi) HIMA IPA UNY, yang sangat kritis mengevaluasi perjalanan HIMA IPA dalam kepengurusan 2012 ini. Ditemani beberapa perwakilan MPO lainnya, saudara Ary Gunawan tak kesepian mengkritisi semua kekurangan HIMA IPA demi menjadikan HIMA IPA yang semakin baik di kepengurusan mendatang. Selain itu, sidang ini juga dihadiri perwakilan dari BEM FMIPA, DPM FMIPA, dan juga beberapa alumni pengurus HIMA IPA yang masih menunjukkan rasa peduli dan sayangnya dengan HIMA IPA UNY.

Sidang dipimpin oleh Presidium Sidang Kasyfi Rifqi M., mahasiswa Pendidikan IPA Kelas Internasional 2012. Ditemani saudari Yuliana sebagai Wakil Presidium Sidang dan saudari Lady Wahyu Hapsari sebagai Notulen. Berlangsung dengan rapi dari awal hingga akhir persidangan. Diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban oleh Ketua, Sekretaris Jendral, Sekretaris, dan juga Bendahara HIMA IPA, tak lupa masing-masing Ketua Divisi dan Ketua Bidang HIMA IPA. Kemudian berlanjut ke penilaian yang dilakukan oleh perwakilan MPO dan perwakilan mahasiswa serta panitia, hingga akhirnya nilai A- diputuskan untuk kepengurusan HIMA IPA periode 2012 ini .

Dilanjutkan didemisionerkannya Ketua HIMA IPA periode 2012, Chandra Martapura dan pelantikan Ketua HIMA IPA terpilih periode 2013, Rasyid Zuhdi dengan penyerahan secara simbolik bendera dan kunci HIMA IPA. Seusainya demisioner, dilanjutkan dengan pembahasan rekomendasi HIMA IPA tahun depan, pembentukan tim formatur, dan tak lupa pembentukan MPO HIMA IPA 2013. Acara diakhiri dengan foto bersama dan saling berjabat tangan antar pengurus.

Print Friendly, PDF & Email