Graphic Computer Training (GCT) HIMA IPA UNY

Ada banyak hal yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran menurut Edgar Dale ada 10 tingkatan dalam pembelajaran antara lain :

  1. Read Text (Membaca buku)
  2. Listen to Lecture (Mendengarkan)
  3. Watch still pictures (Mengamati foto/gambar diam)
  4. Watch moving pictures (Mengamati animasi/video/film)
  5. View exhibit (Melihat pameran)
  6. Watch Demonstration (Melihat Demonstrasi)
  7. Participate in hands-on workshop (Berpartisipasi dalam workshop)
  8. Role-play a situation (Bermain Peran/drama)
  9. Model or Simulate a Real Experience (Bermain model, simulasi pengalaman nyata)
  10. Go through the real Experience (Benar-benar melakukan/pengalaman )

Tidak dapat dipungkiri kemajuan ICT memberi banyak pengaruh pada sendi kehidupan tak terkecuali pada di bidang pendidikan. Implementasi ICT yang benar dapat membantu para pendidik menjadi lebih mudah dalam menyampaikan pembelajaran. Dari 10 hal yang berpengaruh dalam proses pembelajaran tersebut, ICT dapat membantu pada hal 1-4. Salah satu media yang tepat adalah menggunakan Macromedia Flash.

Yes!! Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) Universitas Negeri Yogyakarta selenggarakan acara untuk mengasah kreativitas mahasiswa. Sabtu, 23 Maret 2013 lalu, bidang PPSDM ( Pengembangan Potensi Sumber Daya Mahasiswa) HIMA IPA khususnya yang mempunyai ranah kerja di bidang kaderisasi dan minat bakat mahasiswa ini sengaja mengadakan acara yang mengarah pada pengembangan kreativitas pada seni grafis komputer beridentitas Graphic Computer Training (GCT) dengan tema “Belajar Kreatif dan Inovatif dengan Macromedia Flash” bertempat di Laboratorium Komputer IPA FMIPA UNY.

Pelatihan Macromedia Flash sebagai media pembelajaran yang kreatif & inovatif
Graphic Computer Training ^^

Acara yang diikuti sebanyak 40 mahasiswa se-FMIPA dari angakatan 2011 dan 2012 ini dimulai pukul 07.00 sampai 11.30 dengan pemateri Al Fatah Fathony dan Dadag H Adnan, dua mahasiswa program studi Pendidikan IPA angkatan 2010. Spesial bukan? 🙂

“GCT dapat menjadi langkah awal mengenal Macromedia Flash sekaligus bekal membuat media pembelajaran IPA pada mata kuliah Multimedia di semester lima nanti,” jelas Rasyid Zuhdi selaku ketua HIMA IPA.

Para peserta yang nantinya akan menjadi seorang pendidik dituntut untuk membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan harapan perserta didik lebih mampu memahami materi yang diajarkan. Multimedia adalah menjadi mata kuliah wajib mahasiswa semester lima yang memang mengedepankan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dan salah satu aplikasi software yang digunakan adalah Macromedia Flash Profesional. Dengan media pembelajaran berbasis teknologi atau komputer dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi yang tidak bisa dipraktikkan secara langsung.

“Keberlanjutan dari GCT sendiri akan dirangkum menjadi kegiatan klub IT HIMA IPA sehingga ilmu yang telah didapat dari GCT dapat terus dikembangkan” ujar Rindy Prasetyo yang kala  itu menjadi ketua panitia.

Print Friendly, PDF & Email