Scientific Paper Workshop

Tepat pada hari Sabtu  tanggal 1 Maret 2014 bertempat di ruang D03.105, salah satu bidang di HIMA IPA FMIPA UNY  yang mewadahi bidang keilmuan yakni Bidang Penalaran menyelenggarakan SPW (Scientific  Paper Workshop). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah bagi mahasiswa, khusunya mahasiswa Pendidikan IPA. Kali ini, SPW mengambil tema “Asah Kreativitas dan Realisasikan Idemu”.  Acara ini di pandu oleh Siti Rahmawati  sebagai MC dan dihadiri oleh 36 orang. Serangkaian acara ini diawali  dengan bacaan basmalah bersama-sama dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan tersebut disampaikan oleh Yunita selaku ketua panitia, kemudian Eko Kurniawan selaku Ketua HIMA IPA FMIPA UNY 2014 dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Widodo Setiyo Wibowo selaku dosen pembimbing HIMA IPA FMIPA UNY.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi disampaikan oleh 2 pembicara. Pembicara pertama yaitu Anang Prasetyo kemudian pembicara kedua Doni Bowo Wibowo. Di dalam perkenalannya, Anang  Prasetyo kelahiran 19 Desember 1992 dengan 21 penghargaan ilmiah dalam 4 tahun terakhir memaparkan  motivasi menulis karya ilmiah PKM, penjelasan singkat mengenai PKM 5 bidang dan PKM GT dan PKM AI, cara memulai ide yang dapat dimulai dari berkumpul dengan komunitas yang positif, dan sharing mengenai pengalamannya aktif dalam PKM.  Kemudian  Doni Bowo Wibowo kelahiran 24 September 1992 dengan 11 penghargaan ilmiah dalan 4 tahun terakhir menyampaikan tips dan trick menulis PKM agar sukses, pengalaman tentang PKM yang pernah didanai dan memimpin workshop PKM GT. Dengan perkenalan dan sharing mengenai hal tersebut, diharapkan mahasiswa termotivasi untuk aktif dalam mengikuti PKM. Tidak hanya itu, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasinya dalam kehidupan sehari- hari sebagai mahasiswa yang aktif dan produktif.

Setelah acara pemaparan materi oleh masing- masing pembicara, akan dilajutkan dengan Workshop. Dimana dalam acara ini, peserta diharapkan dapat membuat konsep kecil mengenai PKM yang akan diajukan dan menyampaikan ide mereka. Dari ke-36 peserta yang hadir, ada 3 peserta yang diberi kesempatan untuk menuangkan ide di depan peserta lain. Hal ini diharapkan dapat terjalin komunikasi untuk saling memberi saran ataupun kritikan dari usulan/ ide yang disampikan.

Acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk mendiskusikan ide yang dimiliki dan diharapkan ide tersebut dapat dituangkan untuk segera diajukan sebagai Program Kreativitas Mahasiswa, khususnya PKM-GT ataupun PKM-AI sebagai agenda terdekat pengajuan proposal PKM.  Untuk mematangkan ide berupa gagasan yang akan diajukan, peserta juga diberi kebebasan untuk mendiskusikannya di luar forum. Meskipun demikian, panitia akan tetap memantau perkembangan sejauh mana persiapan proposal masing- masing kelompok yang terbentuk. Dari serangkaian acara tersebut, selaras dengan tema yang diambil bahwa acara ini bertujuan tidak hanya dapat mengasah kreativitas, namun ide/ gagasan yang mendukung bisa direalisasikan secara efektif dan efisien.

Mariyatul Kibtiyah

Print Friendly, PDF & Email