Profil Mahasiswa Teladan

Cerdas dan brilian, sebutan yang layak diberikan kepada sosok Rifaldy Fajar. Mahasiswa jurusan Matematika 2014 tersebut pernah menjuarai banyak ajang olimpiade baik di tingkat nasional maupun internasional. Dikutip dari website resmi UNY, pada bulan maret lalu, Rifaldy Fajar berhasil menraih 2 medali emas dalam ajang The Egyptian International Invention and Innovation Exhibition  (EGYPTINVENT)  di Kairo, Mesir bersama Rini Winarti (mahasiswa Pendidikan Biologi 2014) dalam penemuan di bidang matematika terapan dan kesehatan. Dalam ajang tersebut, Rifaldy dan Rini bersaing dengan peserta dari berbagai negara seperti Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Bosnia, Thailand, Taiwan, China, dan beberapa negara lainnya. Sebelum sampai di Mesir, Rifaldy Fajar pernah mengikuti ajang olimpiade di 4 negara. “Yang di Mesir kemarin itu alhamdulillah negara kelima, untuk bidangnya, dalam berbagai bidang, sih, tapi kalo saya lebih ke matematika terapan dan jika diluar bidang saya biasanya berkolaborasi dengan rekan-rekan saya dari UKM Penelitian, nah, yang di Mesir kemarin itu ngangkatnya yang matematika terapan dan yang satunya ngangkat bidang kesehatan dengan berkolaborasi dengan anak Biologi” ungkap Rifaldy Fajar saat ditemui di Student Center UNY (1/4).

Mahasiswa kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan tersebut kini dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi 1 (Mapres 1) 2016 tingkat Fakultas MIPA UNY. Kiat-kiat Rifaldy Fajar untuk meraih keberhasilan adalah dengan manajemen waktu sebaik-baiknya. “Untuk kiat-kiatnya mungkin lebih ke manajemen waktu karena harus membagi waktu juga antara kuliah, berorganisasi, dan juga berkarya, jangan dicampuradukkan.” ungkap Rifaldy Fajar. Untuk mengatasi berbagai kendala, menurut Rifaldy adalah pertama dengan ibadah, karena dalam perjuangan memang selalu ada masalah dan untuk menenangkan diri dalam usaha menghadapi dan menguraikan masalah dilakukan dengan beribadah dan berdoa. Kemudian, tambah Rifaldy, jika bekerja dalam satu tim harus solid, apabila senang, satu tim harus semuanya senang, begitupula sebaliknya, selain itu juga harus manajemen waktu dengan sebaik-baiknya dan bagi tugas dalam satu tim. Untuk dalam hal dana, gunakan sesuai dengan prosedur yang ada.

Pesan Rifaldy Fajar kepada mahasiswa, “Sebagai mahasiswa jalankan tugas sebagaimana mahasiswa dan manfaatkan kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri dan menebar kebermanfaatan kepada orang lain dengan mengikuti seminar dan organisasi agar mendapatkan poin plus.” (Trian & Farida)

Print Friendly, PDF & Email