Tips & Trik

Hei sobat-sobat MIPA..what’s up??masih sibuk dengan list-list tugas yang mungkin sangat mengganggu dan menyita waktu, tenaga, dan pikiran?atau sibuk dengan kegiatan ini itu yang juga membuat semua tugas dan waktu tidur dan waktu makan terbengkalai? Pernahkah berpikir bagaimana mereka, orang-orang yang hebat dan sukses bisa menyelesaikan semua hal dengan baik atau bahkan di luar dugaan?

Well gaes, jika ingin membuat perubahan nyata dalam hidup maka, secara sederhana kamu bisa melakukan hal-hal berikut yang akan sangat membantu untuk melewati semua rincian tugas yang luar biasa itu agar kamu ppun dapat menjadi orang orang yang luar biasa.

  1. Menguasai daftar hal-hal yang harus dilakukan (to-do lists)

To do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan saat ini dan tugas-tugas yang diselesaikan dalam waktu dekat. Tidak lupa, untuk menyertakan kapan dan banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Dan jangan meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas tersebut terutama peletakan mana hal-hal yang perlu berada di urutan atas atau prioritas.

  1. Adanya delegasi

Maksud dari delegasi di sini adalah perlu mengenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan perlu adanya pembagian tugas secara merata sehingga paa beberapa hal anda tidak perlu melakukan tugas tersebut sendiri. Pada saat yang sama apabila sobat mipa semua dipilih untuk melaksanakan atau mengerjakan suatu tugas, maka kerjakanlah dengan baik dan ikhlas agar hal tersebut nantinya juga tidak akan memberatkan.

  1. Jangan takut untuk mengatakan “TIDAK”

Sobat MIPA harus belajar utuk sekali-kali megatakan tidak dan menolak suatu hal yang mungkin sebenarnya tidak perlu untuk anda. Jika kehabisan waktu dan stres, maka lebih baik menolak undangan untuk main, makan malam di luar dan lain sebagainya. Sobat MIPA perlu menyadari mengenai suatu tuntutan yang mengharuskan untuk menyelesaikan segala hal dengan cepat, tepat, dan efisien

  1. Perfeksionisme membutuhkan waktu

Selanjutnya sobat MIPA perlu untuk mencoba menghindari kesempurnaan. Berkutat tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu  dan tidak akan memberikan cukup waktu untuk menangani tugas-tugas yang lebih berguna dan mungkin lebih menyenangkan.

  1. Kenali waktu-waktu produktif dan mencoba untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti

Ada saat di mana sobat MIPA lebih produktif sementara di saat lain produktifitas menurun karena berbagai alas an. Fase ini dapat terjadi pada hari yang sama. Temukan periode waktu di mana kamu lebih produktif dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit. Selain itu cobalah untuk tidak menunda kegiatan di lain waktu, karena di bawah tekanan waktu, lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.

  1. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian

Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana tidak ada yang bisa mengganggu untuk melaksanakan aktivitas. Jika sobat MIPA memiliki kebiasaan untuk tidak dapat jauh dengan smartphone kamu, maka perlulah sekali-kali menjauhkan atau mematikan smartphone tersebut untuk menyelesaikan deadline terlebih dahulu.

  1. Jangan lupa diri anda sendiri

Ketika membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk sobat MIPA sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa benar-benar berhenti dari pengerjaan tugas kalian, santailah dan isi ulang baterai kalian. Lakukan sesuatu yang kalian sukai dan membuat kalian tenang.

  1. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga

Memasukkan ke daalam rencana waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu yang cukup banyak.

 

Jadi sobat MIPA udah tau kan tips dan triknya buat mengelola waktu, jadi selamat mencoba. Selamat berjuang dan bertahan dalam perjuangan untuk kalian yang luar biasa!!piiiis.. JJJ

Print Friendly, PDF & Email